Aktor Korea yang Karirnya Hancur Akibat Kasus Pelecehan

Aktor Korea yang Karirnya Hancur Akibat Kasus Pelecehan

Aktor Korea yang Karirnya Hancur Akibat Kasus Pelecehan – Pelecehan didefinisikan sebagai suatu pola perilaku menyerang yang tampak bertujuan tidak baik terhadap orang yang menjadi sasarannya, biasanya (tapi tidak selalu) dengan tujuan untuk mengancam atau mengintimidasi target utamanya. Kasus pelecehan marak terjadi di industri hiburan, tak terkecuali di Korea Selatan.

Tujuan tindakan ini adalah untuk membuat target menjadi tidak nyaman menyunting Wikipedia, merendahkan, menakut-nakuti, atau bahkan membuat mereka kecil hati hingga akhirnya sama sekali tidak mau menyunting. Di Negeri Ginseng tersebut, kasus ini beberapa kali dilakukan oleh para artis. Tak heran, jika hal itu langsung menyedot perhatian publik.

Jika ada artis yang terkena kasus ini, maka karier dari mereka langsung hancur seketika karena mendapat hujatan dari berbagai kalangan. Seperti yang terjadi pada beberapa aktor di bawah ini yang kariernya hancur akibat kasus pelecehan yang menimpanya. Berikut ulasannya!

1. Kang Ji Hwan
Kang Ji Hwan Receives Finalized Probation Sentence For Sexual Assault Case  | Soompi

Kang Ji Hwan mengejutkan publik atas skandal yang menimpanya. Pada tahun 2019, aktor kelahiran 1977 ini ditangkap di kediamannya di daerah Gwangju atas laporan pelecehan seksual kepada dua orang wanita usai melakukan pesta minum-minuman keras.

Saat itu, Ji Hwan tengah mabuk dan memaksa mereka menginap. Ia kemudian melakukan tindakan yang tak senonoh. Bahkan hal itu dilakukan saat korban tengah tertidur pulas. Atas kejadian ini, Mahkamah Agung memberikan vonis untuk bintang drama Lie to Me itu dengan hukuman percobaan selama 3 tahun karena terbukti bersalah. Dengan kasus ini, karier Ji Hwan pun langsung merosot dan ia tidak diperbolehkan tampil di layar kaca.

2. Park Yoochun
Park Yoochun Is Now Under Arrest, But He's Asking About "How He Can Get  Out" - Koreaboo

Mantan anggota JYJ ini dituduh beberapa kali melakukan pelecehan ke sejumlah wanita. Pada tahun 2016, Yoochun dituduh melakukan pelecehan terhadap seorang wanita dan sang korban baru ajukan gugatan pada tahun 2018 silam.

Gugatan itu pun ditolak dan ia dinyatakan “tak bersalah”. Meski demikian, aktor kelahiran 1986 itu tetap ganti rugi dengan membayar sebesar 100 juta won dan sebuah apartemen. Tahun 2017 pun ia dituduh melakukan pemerkosaan, namun lagi-lagi ia kembali dibebaskan karena kurangnya bukti yang didapat.

Banyak diterpa kasus, karier sang aktor pun redup. Ia banyak menerima hujatan dari berbagai kalangan terkait hal ini.

3. Lee Seo Won
Actor Lee Seo Won Pleads Guilty To Charges Of Sexual Harassment And  Criminal Threats | Soompi

Di tengah kariernya yang kian menanjak, aktor Lee Seo Won melakukan tindakan di luar dugaan. Ia dilaporkan mencoba untuk mencium dan melakukan kontak fisik secara berlebihan kepada seorang wanita yang juga merupakan rekan sesama artis.

Tak hanya itu, ia pun disebutkan mengancam dengan pisau apabila korban menolaknya. Karena kasus ini, kariernya langsung redup seketika. Padahal saat itu ia sedang menjadi presenter acara musik mingguan dan tengah melakukan syuting drama.

4. Jung Joon Young
Jung Joon Young's ex-girlfriend who accused him of illegally filming her  speaks out after 5 years | allkpop

Tahun 2019 lalu menjadi tahun yang penuh dengan kasus pelecehan, salah satunya dilakukan oleh Jung Joon Young yang terbukti melakukan kejahatan spycam. Penyanyi tersebut dinyatakan melakukan pemerkosaan terhadap beberapa wanita dan merekamnya secara ilegal. Tak hanya itu, ia pun menyebarkan rekaman itu di grup chat Kakao Talk tanpa sepengetahuan korban.

Atas tindakannya, ia banyak menerima hujatan dan Pengadilan Negeri Seoul pun memvonis 6 tahun penjara pada November 2019. Tindakan tak senonohnya itu langsung membuat karier yang dirintisnya hancur seketika dan sulit untuk memulai kembali.

5. Choi Jong Hoon
Court Dismisses Appeals From Choi Jong Hoon And The Prosecution + Upholds  Previous Sentence | Soompi

Mantan anggota F.T. Island yakni Choi Jong Hoon pun terlibat kasus pelecehan. Sama dengan Joon Young, keduanya bersahabat dan melakukan tindakan tak bermoral tersebut. Ia pun divonis 5 tahun penjara dan dilarang tampil di layar kaca. Tak hanya itu, kariernya bersama F.T. Island hancur dan ia mendapat hujatan dari berbagai kalangan.

Kasus-kasus pelecehan yang terjadi memang tidak bisa dimaafkan. Di Korea, skandal yang menimpa artis sangat mempengaruhi karier terlebih dengan kasus pelecehan seperti di atas. Maka tak heran, banyak artis yang “pensiun” usai terkena kasus itu.