Alat Musik Khas Kalimantan yang Banyak Belum Diketahui Orang

Alat Musik Khas Kalimantan yang Banyak Belum Diketahui Orang

Alat Musik Khas Kalimantan yang Banyak Belum Diketahui Orang – Kalimantan Selatan (disingkat Kalsel) adalah salah satu provinsi yang ada di Indonesia yang terletak di pulau Kalimantan. Ibu kotanya provinsi Kalimantan Selatan adalah kota Banjarmasin. Kalimantan Selatan mempunyai kebudayaan yang sangat kaya terutama bahasa dan alat musiknya yang keren-keren abis. Pada artikel kali ini, kita akan berfokus membahas tentang alat musik khas Kalsel yang dilansir dari berbagai sumber.

Secara historis wilayah Kalimantan Selatan mula-mula dibentuk merupakan wilayah Karesidenan Kalimantan Selatan (dengan Residen Mohammad Hanafiah) di dalam Provinsi Kalimantan itu sendiri. Nah, Club388 Indonesia ada lima alat musik khas Kalsel yang harus kamu tahu terutama generasi baru yang harus berperan aktif agar alat musik tak hilang dimakan zaman. Penasaran apa saja?

1. Kurung-kurung
5 Alat Musik Khas Kalimantan Selatan Belum Banyak Diketahui Generasi Z

Dilansir Diktat Muatan Lokal Tahun 2011, kurung-kurung terdapat di daerah pedalaman yang banyak ditumbuhi rumput bambu. Penamaan alat musik ini sebenarnya, beragam dari setiap tempat Kalsel.

Misalnya saja, Kabupaten Tabalong ini disebut kangkurung batang, di Kabupaten Hulu Sungai Tengah menyebutnya Hilai, di Kabupaten Hulu Sungai Selatan dikenal istilah kurung-kurung. Biasanya, setiap daerah mempunyai minimal 5 buah alat musik ini menurut perkembangan di daerah masing-masing.

2. Panting
5 Alat Musik Khas Kalimantan Selatan Belum Banyak Diketahui Generasi Z

Dilansir Muatan Lokal Banjar Tahun 2018, alat musik panting sendiri diambil dari bahasa Banjar. Panting menurut pengertian ada persamaannya dengan kata petik, membunyikan senar atau taluli dengan teknik sentilan.

Cara memainkannya dan membunyikan alat musik panting dengan menyentil talinya yang disebut memanting. Pegiat yang melakukannya disebut Pemantingan. Pada mulanya Pamanting hanya ditemani oleh satu orang yang membawa lagu disebut biduan. Mereka duduk berdampingan, guna memudahkan mencocokan lagu dengan sentilan.

3. Karidang
5 Alat Musik Khas Kalimantan Selatan Belum Banyak Diketahui Generasi Z

Dilansir dari Buku Diklat Bahasa Banjar Tahun 2011, alat musik kariding merupakan alat musik tradisional orang Banjar. Cara memainkannya dengan menempelkan di bibir sambil menarik ganggang tali gitar itu. Jika dimainkan dapat menghasilkan suara ritme yang merdu dan indah.

Orang Banjar dahulu percaya, padahal merupakan mitos tapi mereka meyakini bahwa, orang yang meletakkan karidang diatas tempat tidur anak-anak mereka adalah sebuah simbol untuk penolak bala.

4. Kalampat
5 Alat Musik Khas Kalimantan Selatan Belum Banyak Diketahui Generasi Z

Kalampat merupakan alat musik tradisional yang khususnya berada di daerah pegunungan meratus di Kalsel. Alat musik yang sejenis dengan gendang, namun hanya dapat dipukul disatu bagian saja disebut berkepala satu. Bentuknya mirip dengan rebana yaitu bundar.

Kalampat dimainkan dengan cara dipukul menggunakan alat pukul dari rotan. Kalampat bisanya diiringi gong.

5. Gamelan Banjar
5 Alat Musik Khas Kalimantan Selatan Belum Banyak Diketahui Generasi Z

Gamelan Banjar termasuk alat musik seni karawitan. Gamelan Banjar dibedakan menjadi dua jenis yaitu, versi karaton dan versi rakyat. Gamelan Banjar merupakan musik pengiring dari tari klasik Banjar, untuk mengiring pergelaran wayang kulit, dan masih banyak lagi.

Gamelan Banjar keberadannya sudah ada sejak zaman Kerajaan Negara Dipa pada abad ke-14 yang dibawa oleh Pangeran Suryanata.

Dari uraian alat musik di atas kamu bisa coba lho saat ke Kalimantan Selatan. Kamu juga bisa membeli alat musik dari Kalsel ini dengan model modern dan tentu kualitas berbeda dengan yang model bahari. Jika ingin mencoba yang bahari bisa kamu dapatkan lho di musium setempat. Semoga informasi ini bermanfaat ya!