Beberapa Manfaat Baik Mendengarkan Musik Sambil Olahraga

Beberapa Manfaat Baik Mendengarkan Musik Sambil Olahraga

Beberapa Manfaat Baik Mendengarkan Musik Sambil OlahragaMusik adalah suara yang disusun sedemikian rupa sehingga mengandung irama, lagu, nada, dan keharmonisan terutama dari suara yang dihasilkan dari alat-alat yang dapat menghasilkan irama.

Ketika sedang berolahraga, tentu saja setiap orang punya caranya masing-masing agar aktivitasnya tersebut jadi lebih menyenangkan.

Mendengarkan musik saat olahraga ternyata bisa memberi efek yang luar biasa untuk tubuh. Ya, cukup dengan arm strap dan earphone beserta beberapa lagu bisa memompa semangat.

Menurut Huff Post, bahwa mendengarkan musik ketika pergi ke gym akan memiliki efek yang lebih mendalam selama latihan.

Seraya memperingati Hari Musik Nasional yang jatuh hari ini, 9 Maret, cari tahu yuk 5 manfaat baik mendengarkan musik saat olahraga yang sudah dirangkum oleh Daftar S128 yang perlu kamu ketahui.

1. Memengaruhi mood sehingga menjadi lebih semangat
1. Memengaruhi mood sehingga menjadi lebih semangat

Musik disebut sebagai media yang bisa meningkatkan mood serta motivasi seseorang. Apalagi saat berolahraga, sudah pasti tubuh akan lebih rileks dan merasa bahagia.

Ketika kamu berolahraga sambil mendengarkan musik maka bisa mengubah suasana hati, sehingga jadi semangat dalam menggerakkan tubuh selama latihan.

Sebab intensitas lagu sangat berpengaruh pada sistem saraf dan kinerja otak, hal ini terbukti memengaruhi mood seseorang.

2. Merasa lebih positif dan pikiran menjadi jernih
2. Merasa lebih positif pikiran menjadi jernih

Musik berperan penting dalam memberikan kesenangan saat berolahraga dan mengalihkan pikiran ke hal yang tidak terkait dengan kegiatan tersebut.

Bahkan mendengarkan musik saat berolahraga bisa membuat pikiran dan perasaan menjadi lebih tenang.

Jadi tidak ada salahnya menyiapkan musik yang berbeda-beda di satu playlist, sehingga membuat kamu merasa lebih positif. Dengan begitu, pikiran akan lebih jernih. Otot-otot tubuh pun menjadi rileks saat berolahraga.

3. Lebih banyak bergerak saat mendengarkan musik selama latihan
3. Lebih banyak bergerak saat mendengarkan musik selama latihan

Saat berolahraga, terkadang ada saja gangguan dan mengalihkan perhatian seperti seorang teman yang mengajakmu bercerita.

Nah, dengan mendengarkan musik maka pikiran bisa lebih fokus dan olahraganya pun jadi maksimal.

Seperti dilansir dari National Center for Health Research, pemilihan musik saat treadmill akan membuat pergerakkannya jadi lebih cepat tanpa merasakan lelah.

Bahkan mendengarkan musik dengan lebih banyak denyut per menit dapat meningkatkan kinerja fisik selama latihan tingkat rendah hingga sedang.

Jadi sesuaikan jenis musik dengan aktivitas olahraga yang kamu lakukan, pilih musik dengan tempo yang cepat agar gerakan tubuh juga bisa lebih mudah diatur.

4. Sebagai penyalur emosi dan tubuh menjadi sehat
4. Sebagai penyalur emosi tubuh menjadi sehat

Sebagian orang, berolahraga tanpa mendengarkan musik mungkin terasa kurang lengkap. Sedangkan mendengarkan musik saat di gym atau berolahraga ternyata sangat menghibur dan dapat meningkatkan fokus.

Musik bisa menimbulkan perasaan senang, mengubah proses berpikir serta menyebabkan perubahan perilaku menjadi lebih baik.

Efek psikologis dari mendengarkan musik ialah sangat menyenangkan, karena memiliki kadar serotonin yang lebih tinggi atau dikenal sebagai hormon “feel good”.

Dengan begitu, musik dapat dijadikan sebagai penyalur emosi. Alhasil emosi terlampiaskan dan tubuh menjadi sehat.

5. Tidak cepat lelah dan tubuh jadi lebih rileks
5. Tidak cepat lelah tubuh jadi lebih rileks

Ternyata musik bisa mencegah rasa lelah berlebihan pada seseorang yang sedang berolahraga, karena irama jantungnya berdetak normal.

Hanya dengan mendengarkan musik selama 11 menit maka bisa membuat rutinitas olahragamu cepat selesai dalam waktu 60 detik dan tanpa merasa kelelahan.

Di mana sebuah lagu membuat kegiatan olahraga tak lagi terasa monoton dan lebih mudah bergerak saat dilatari oleh musik, sehingga tubuh jadi lebih rileks. Tentunya hal ini sangat berguna menambah durasi saat berolahraga.

Apakah kamu juga suka mendengarkan musik saat berolahraga? Tapi saat menggunakan earphone, sebaiknya kecilkan volume musik agar tetap bisa mendengar di sekitarmu.