Beginilah Tips untuk Menjadi Seorang Produser Musik

Beginilah Tips untuk Menjadi Seorang Produser Musik

Beginilah Tips untuk Menjadi Seorang Produser Musik – Seorang produser rekaman atau produser musik (atau disebut juga produser) ialah orang yang bekerja di dalam industri musik yang tugasnya mengawasi dan mengatur proses produksi dan rekaman dari artis musik. Apakah Anda memiliki visi yang berbeda mengenai lagu yang Anda dengar di radio?

Seorang produser merupakan penanggung jawab atas proyek produksi musik termasuk pengumpulan ide, penyeleksian dan pemilihan lagu dan atau musisi, melatih artis untuk proyek rekaman, dan mengendalikan serta mengawasi seluruh proses produksi termasuk proses rekaman, mixing dan mastering.

Apakah Anda memiliki impian untuk melihat maha karya musik buatan Anda masuk ke dalam sepuluh besar di tangga lagu? Ingin orang-orang menghargai Anda atas hasil kerja Anda? Lanjutkan membaca artikel ini untuk mengetahui cara menjadi seorang produser musik!

1. Pelajari alat musik

Anda tidak harus menjadi seorang ahli dalam memainkan alat musik untuk menjadi seorang produser musik, tetapi melatih telinga Anda dan mempelajari teori musik akan memberikan keuntungan yang besar untuk karier Anda. Anda juga harus mencoba menulis lagu Anda sendiri, menguasai tempo, atau bahkan belajar bermain dari lembaran musik; memahami musik dari sisi lain akan melengkapi Anda dengan lebih baik untuk mendengar seluruh potensinya. Pertimbangkan untuk mempelajari alat musik berikut ini:
  • Piano/Keyboard. Mungkin ini adalah alat musik yang memiliki berbagai macam fungsi bagi seorang produser. Menguasai alat musik piano adalah suatu hal yang besar.
  • Gitar. Mempelajari gitar akan membantu Anda membaca akor (panduan nada) dan segera menjadi relevan dengan musik rock dan lagu-lagu yang populer.
  • Bas. Diremehkan tetapi penting, bas akan membantu Anda memimpin di bagian irama dan menciptakan sebuah dasar yang kuat untuk produksi musik Anda.
2. Kuasai teknologi

Gambar berjudul Become a Hip Hop Music Producer Step 11

Untuk membuat dan memanipulasi musik, Anda perlu mempelajari cara menggunakan soundboard dan program pemrosesan musik sebanyak mungkin. Jika Anda belum memiliki sedikit latar belakang di bidang produksi suara, program sequencer yang bagus untuk pemula adalah Cubase.
  • Program perangkat lunak sequencer seperti Cakewalk Sonar, Reason, dan Pro Tools membantu para produser musik mengatur dan memodifikasi musik yang mereka rekam.
  • Jika Anda sedang mempertimbangkan untuk memproduksi musik hip-hop, coba pertimbangkan untuk membeli sebuah alat sampler. MPC60, SP1200, and S950 semuanya populer dengan para produser musik hip-hop “Era keemasan” seperti Pete Rock and DJ Premier.
3. Ketahui dasar-dasar mixing musik

Gambar berjudul Become a Hip Hop Music Producer Step 10

Mengetahui bagaimana cara menggabung sebuah lagu: bagaimana cara menyatukan semua suara yang berbeda menjadi sebuah campuran yang merdu.
  • Ketahui perbedaan antara “in the box” dan “out of the box.” In the box berarti Anda menyatukan hanya dengan menggunakan program komputer; out of the box berarti Anda menyatukan dengan menggunakan sebuah soundboard dan peralatan nonkomputer lainnya untuk mendapatkan suara yang Anda inginkan.
  • Ketahui perbedaan antara stereo mix dan mono. Stereo mix mewakili dua track di lagu yang sama, satu untuk sebelah kiri dan satu untuk sebelah kanan: mono mewakili satu buah suara untuk track-nya.
  • Ketahui apa yang perlu dimasukkan di bagian tengah dari mix. Gitar bas dan vokal biasanya terletak di bagian tengah dari mix – bukan berada di salah satu sisi.
4. Jadi siswa di bidang musik

Gambar berjudul Transpose Music From C to B Flat Step 4

Ambil beasiswa Anda secara serius. Produser musik berada di bisnis pembuatan musik, dan sering menggunakan bantuan dari lagu-lagu yang lain. Secara khusus, produser hip-hop pekerjaannya mengambil contoh dari lagu lain dan memgerjakan ulang menjadi irama yang berbeda, perlu menjadi seorang siswa musik dengan keinginan yang besar.
5. Pikirkan mengenai suara apa yang akan bercampur dengan baik

Gambar berjudul Make Electronic Music Step 9

Tugas Anda sebagai seorang produser musik adalah untuk membuat musik yang menarik, menakjubkan, dan menggetarkan jiwa. Sering kali ini berarti melakukan percobaan dengan mencampur suara yang berbeda-beda dengan berbagai macam aliran musik.
  • George Martin, produser The Beatles yang termasyhur, memperkenalkan apa yang kita sebut sekarang ini sebagai musik “Dunia” menjadi hal yang populer. Martin telah membantu menghubungkan alat musik sitar ke dalam lagu pop. Hal ini benar-benar perwujudan dari dunia Timur bertemu dengan dunia Barat.
6. Ciptakan beberapa musik

Gambar berjudul Make Electronic Music Step 14

Cobalah untuk melakukan apa pun yang dirasa sebagai yang terbaik: Punk, Ska, Rok, Rap, R&B, Country, Funk, Jaz, dan sejenisnya. Pada awalnya, fokuskan untuk menguasai satu aliran musik. Hal ini akan membuat nama Anda terkenal di satu aliran musik sebelum beralih ke aliran musik yang lain.
  • Pada akhirnya, cobalah untuk melakukan eksperimen dengan beberapa aliran musik. Semakin banyak aliran musik yang Anda kuasai, semakin banyak wawasan Anda (dan semakin banyak klien yang bisa Anda dapatkan). Tetapi jangan melakukan hal itu terlalu cepat. Kuasai satu aliran musik sebelum beralih ke aliran musik yang lain.
7. Daur ulang lagu lama yang terkenal

Gambar berjudul Make Electronic Music Step 3

Ambil sebuah lagu yang terkenal–lebih disukai lagu yang jarang di daur ulang–dan masukkan ciri khas Anda ke dalam lagu itu. Potensi apa yang akan dimiliki oleh lagu itu? Bagaimana caranya supaya Anda bisa membuat lagu itu menjadi lebih baik? Visi apa yang Anda miliki untuk mengubah lagu itu menjadi sesuatu yang benar-benar berbeda?
  • Buat beberapa versi lagu untuk mendapatkan perasaan mengenai kemungkinan-kemungkinan yang ada. Mungkin Anda bisa membuat versi Reggae dari lagu “The Wall”, atau mendaur ulang sebuah lagu jaz yang kurang dikenal menjadi sebuah irama Hip-Hop. Jangan takut untuk berpikir besar disini.
8. Lakukan kolaborasi dengan produser musik yang lain

Gambar berjudul Produce Hip Hop and Pop Music Step 3

Kolaborasi telah menghasilkan beberapa musik yang paling diingat sepanjang masa. Jangan takut untuk menghubungi produser yang Anda kagumi dan bertanya apakah mereka mau bekerjasama dengan Anda. Kolaborasi bisa berhasil karena Anda bisa menggunakan kelebihan dari produser yang lain untuk menutupi kekurangan Anda, dan mudah-mudahan bisa menggunakan kelebihan Anda untuk menutupi kekurangan mereka.