Berikut Ini yang Diumumkan Apple di Event Spring Loaded 2021

Berikut Ini yang Diumumkan Apple di Event Spring Loaded 2021

Berikut Ini yang Diumumkan Apple di Event Spring Loaded 2021Penyelenggara acara adalah istilah untuk penyedia jasa profesional penyelenggara acara. Meski bisa dialihbahasakan, namun umumnya istilah aslinya tetap dipergunakan. Atau untuk mudahnya disebut EO Pada dasarnya, tugas dari EO. adalah membantu kliennya (client) untuk dapat menyelenggarakan acara yang diinginkan.

Setelah informasinya sempat bocor melalui asisten virtual mereka – Siri, Apple akhirnya mengonfirmasi event baru bertajuk “Spring Loaded” yang diadakan pada 20 April lalu. Maka sama seperti kebanyakan event yang diselenggarakan Apple, Spring Loaded juga termasuk ke dalam event berisi banyak pengumuman mengenai produk baru, entah yang sudah lama diantisipasi atau dirumorkan sebelumnya. Untuk lebih lengkapnya langsung saja simak ulasan mengenai apa saja yang diumumkan Apple di event Spring Loaded, di bawah ini. Daftar S128

1. Varian warna baru untuk iPhone 12 dan 12 Mini
Apa Saja yang Diumumkan Apple di Event Spring Loaded 2021

Pada Spring Loaded, Apple tidak mengumumkan seri iPhone terbaru melainkan varian warna baru yaitu ungu untuk iPhone 12 dan 12 Mini. Ini menambah jajaran varian warna yang ditawarkan Apple untuk iPhone 12 dan 12 Mini setelah sebelumnya hanya tersedia varian warna hitam, putih, biru, hijau dan merah (bagian dari Product Red).

Varian warna “nyentrik” ini akan tersedia pada 30 April, dengan pre-order telah dibuka sejak 23 April kemarin. Tidak diketahui apakah varian warna ungu ke depannya juga bakal dihadirkan di iPhone 12 Pro dan 12 Pro Max.

2. Apple AirTags
Apa Saja yang Diumumkan Apple di Event Spring Loaded 2021

Setelah berbulan-bulan menjadi rumor tanpa konfirmasi, Apple akhirnya meresmikan AirTags. Alat yang berfungsi sebagai pelacak ini bisa personalisasi dan dipasang di hampir semua barang. Ini cocok untuk mereka yang sering lupa ketika menaruh barang-barang berharga.

Pengguna dapat melacak AirTags melalu aplikasi Find My, dengan seri iPhone 12 bakal jauh presisi dari seri iPhone lain karena telah dibekali dengan fitur bernama Precision Finding. AirTags dibanderol seharga US$29 (Rp420 ribu) atau US$99 (Rp1,4 juta) untuk satu paket berisi 4 AirTags. Ini tersedia untuk dibeli mulai akhir bulan ini.

3. Apple TV 4K baru
Apa Saja yang Diumumkan Apple di Event Spring Loaded 2021

Apple TV 4K baru dengan chipset A12 Bionic jadi produk anyar selanjutnya yang diumumkan pada event Spring Loaded. Untuk pertama kalinya, Apple TV akan bisa memutar konten HDR dan AirPlay kini telah mendukung HDR frame-rate tinggi untuk video di iPhone 12 yang direkam dengan Dolby Vision HDR.

Selain itu, Apple TV 4K terbaru juga punya remote berdesain baru dengan tombol navigasi lingkaran seperti yang ada di iPod. Lalu, ada pula beberapa tombol lain seperti power, Siri dan volume. Apple TV 4K (2021) bakal tersedia pada Mei mendatang di harga US$179 (Rp2,5 juta) untuk varian penyimpanan 32GB.

4. iMac baru
Apa Saja yang Diumumkan Apple di Event Spring Loaded 2021

iMac baru yang Apple umumkan di Spring Loaded membawa perombakan desain terbesar dalam beberapa tahun terakhir. Tidak hanya punya desain baru dengan tujuh varian warna berbeda saja, iMac edisi 2021 juga ditenagai oleh prosesor buatan Apple sendiri yaitu M1.

iMac baru juga hadir dengan ukuran layar Retina baru di 24 inci dengan resolusi 4.5K beserta kamera FaceTime yang kini dapat merekam video 1080p. Di samping itu, Apple juga mengumumkan bahwa untuk pertama kalinya, Magic Keyboard dengan Touch ID akan bisa digunakan di iMac. Apple membanderol iMac baru di harga mulai dari US$1,299 (Rp18,8 juta).

5. iPad Pro baru
Apa Saja yang Diumumkan Apple di Event Spring Loaded 2021

Baru satu tahun semenjak merilis model terbaru untuk iPad Pro, tahun ini Apple kembali meluncurkan model baru untuk iPad Pro 11 inci dan 12,9 inci . Pembaruan ini menambahkan M1 sebagai chipset utama seperti iMac terbaru.

Lalu, ada juga opsi penyimpanan 2TB yang diklaim Apple dapat menyimpan lebih dari 60 ribu foto RAW. Untuk lain-lain, port USB-C kini telah mendukung Thunderbolt 4, ada fitur kamera ultra-wide baru bernama “Center Stage” dan layar Mini LED baru yang Apple sebut Liquid Retina XDR. iPad Pro 11 inci dan 12,9 inci masing-masing dijual di harga mulai US$799 (Rp11,5 juta) dan US$1,099 (Rp15,9 juta).

6. Apple Card
Apa Saja yang Diumumkan Apple di Event Spring Loaded 2021

Selain pengumuman besar, Apple juga membuat sejumlah pengumuman untuk produk yang telah merilis. Salah satunya adalah Apple Card – kartu kredit buatan Apple yang dirancang untuk Apple Pay pada perangkat seperti iPhone, iPad, Apple Watch dan iMac.

Nah, pada Spring Loaded, Apple mengumumkan bahwa kartu kredit yang awalnya bersifat individual itu, kini dapat digunakan bersama teman atau keluarga. Selain itu, pengguna juga bisa berbagi kartu kredit mereka dengan anak mereka (di atas 13 tahun) sembari mengatur dan memantau pemakaian.

7. Apple Podcasts
Apa Saja yang Diumumkan Apple di Event Spring Loaded 2021

Hal minor lain yang diumumkan Apple di Spring Loaded adalah Apple Podcasts. Bersama dengan desain aplikasi yang sepenuhnya baru – dengan tujuan untuk memudahkan mencari dan berbagi podcast – kini juga ada opsi berlangganan yang bisa jadi ladang uang bagi para kreator podcast.

Melalui opsi itu, pengguna podcast dapat berlangganan dan berkontribusi secara finansial ke kreator favorit mereka dan sebagai gantinya, mereka akan mendapatkan konten-konten eksklusif. Opsi berlangganan Apple Podcasts akan diluncurkan pada Mei mendatang di 170 negara.

Demikian tadi ulasan mengenai apa saja yang diumumkan Apple di event Spring Loaded 2021. Setelah Spring Loaded, Apple rencananya akan kembali menyelenggarakan event bertajuk WWDC 2021 pada Juni mendatang.