Deretan Para Artis Hollywood yang Mengalami Insomnia Parah

Deretan Para Artis Hollywood yang Mengalami Insomnia Parah

Deretan Para Artis Hollywood yang Mengalami Insomnia Parah – Insomnia adalah gangguan yang menyebabkan penderitanya sulit tidur atau tidak cukup tidur, meski terdapat cukup waktu untuk melakukannya. Gangguan ini bisa berdampak pada aktivitas penderita keesokan harinya. Waktu tidur dan kepuasan seseorang setelah tidur memengaruhi kualitas hidup dan kesehatan seseorang secara keseluruhan.

Pada umumnya, orang membutuhkan 8 jam tidur dalam sehari untuk menjaga kondisi tubuh tetap fit. Insomnia dapat menyerang siapa saja sekalipun kamu seorang selebriti terkenal. Malahan pekerjaan mereka yang tidak terjadwal karena bekerja sewaktu-waktu lebih membuat para selebriti rentan terkena insomnia.

Padahal tidur yang cukup sangat diperlukan untuk kesehatan tubuh, apabila terus dibiarkan insomnia dapat berakibat fatal. Seseorang yang tidak memiliki waktu tidur yang cukup cenderung selalu merasa kelelahan. Di sisi lain mereka juga harus beraktivitas seperti biasa. Insomnia sebenarnya penyakit serius yang sering diremehkan.

1. Beyonce
7 Artis Hollywood yang Menderita Insomnia Akut, Akibatnya Fatal!

Beyonce memang dikenal sebagai diva berkat suara emasnya. Namun, siapa sangka selama ini ia mengidap insomnia. Sebagai penyanyi, Beyonce harus bekerja tanpa mengenal waktu baik untuk proses rekaman sampai konser ditambah mengurus ketiga buah hatinya.

Meski pekerjaannya terkesan melelahkan, nyatanya Beyonce malah kesulitan untuk tidur. Terkadang ia terpaksa meminum obat agar bisa membuatnya mengatasi insomnia.

2. George Clooney
7 Artis Hollywood yang Menderita Insomnia Akut, Akibatnya Fatal!

Aktor George Clooney terang-terangan mengatakan bahwa dirinya mengidap insomnia. Ia mengaku kesulitan untuk tidur padahal sudah berusaha untuk tidur tepat waktu. Pikirannya selalu pergi ke mana-mana sehingga tidak membiarkan dirinya untuk tidur dengan tenang.

George juga sempat mengatakan bahwa ia tidak pernah bisa tidur semalam penuh. Ia selalu bangun berkali-kali pada malam harinya. Ia sudah berkali-kali mencoba melakukan pengobatan tetapi tidak pernah berhasil.

3. Madonna
7 Artis Hollywood yang Menderita Insomnia Akut, Akibatnya Fatal!

Madonna sudah mengidap insomnia semenjak ia masih muda. Ia mengaku bahwa dirinya mulai mengalami gangguan tidur semenjak ibunya meninggal. Beruntung setelah dewasa, Madonna dapat mengatasi penyakit insomnia yang dideritanya. Kini, Madonna bisa tidur setidaknya enam jam setiap hari

4. Heath Ledger
7 Artis Hollywood yang Menderita Insomnia Akut, Akibatnya Fatal!

Dunia berduka setelah kepergian Heath Ledger di usianya yang masih menginjak 28 tahun. Kematiannya diketahui karena masalah overdosis. Sebelumnya, pemeran Joker di film The Dark Knight ini memang memiliki masalah dengan insomnia. Ia merasa kesulitan untuk tidur sehingga mencoba menggunakan obat yang berujung overdosis.

5. Marilyn Monroe
7 Artis Hollywood yang Menderita Insomnia Akut, Akibatnya Fatal!

Sama halnya dengan Heath Ledger, mendiang Marilyn Monroe juga meninggal diakibatkan oleh overdosis. Selama hidupnya, Marilyn mengidap insomnia karena pressure sebagai seorang aktris yang harus menjaga fisiknya. Sampai akhirnya Marilyn kecanduan obat-obatan yang membuat dirinya terkena overdosis, dan ditemukan tidak bernyawa pada 5 Agustus 1962 silam.

6. Christina Applegate
7 Artis Hollywood yang Menderita Insomnia Akut, Akibatnya Fatal!

Dapat dikatakan aktris Chrisina Applegate sudah terbiasa terkena insomnia. Ia mengalami gangguan tidur sudah satu dekade lamanya semenjak masih belia. Ketika masih muda, Christina cenderung begadang hampir setiap hari.

Kini, ia mengaku sudah dapat tidur setidaknya tiga jam sehari. Christina juga mengungkapkan bahwa kurang istirahat sangat mempengaruhi kesehatannya baik mental dan psikis.

7. Michael Jackson
7 Artis Hollywood yang Menderita Insomnia Akut, Akibatnya Fatal!

Mendiang Michael Jackson juga mengidap insomnia semasa hidupnya. Hal ini dikarenakan jadwalnya yang sangat padat sehingga ia tidak memiliki waktu untuk istirahat. Michael pun mengonsumsi vitamin agar bisa membantunya cepat terlelap.

Sayangnya, vitamin tidak berhasil mengobati insomnianya sehingga ia minta diresepkan obat-obatan yang lebih kuat. Namun, obat-obatan inilah yang membuat dirinya meninggal karena overdosis.

Tak disangka bahwa insomnia dapat berakibat fatal pada tubuh manusia. Ada yang berhasil mengatasinya namun ada juga yang meninggal karena insomnia. Setelah membaca kisah ketujuh artis yang pernah mengidap insomnia di atas, semoga kamu tidak lagi meremehkan gangguan tidur ini, ya.

Waktu tidur yang terlalu lama atau malah terlalu sedikit dapat menimbulkan gangguan, baik fisik maupun mental. Namun, waktu tidur yang cukup juga tidak menjamin kondisi tubuh yang fit jika kualitas tidurnya tidak baik.

Insomnia terbagi menjadi dua jenis, yaitu insomnia primer dan insomnia sekunder. Insomnia primer adalah gangguan tidur yang tidak terkait dengan kondisi medis lain. Sementara itu, insomnia sekunder adalah gangguan tidur yang terjadi akibat adanya kondisi lain, misalnya:

  • Radang sendi
  • Refluks asam lambung (GERD)
  • Asma
  • Depresi
  • Kanker
  • Konsumsi minuman beralkohol

Insomnia dapat berlangsung singkat (akut) atau terjadi dalam jangka panjang (kronis). Insomnia akut berlangsung 1 malam sampai beberapa minggu, sedangkan insomnia kronis terjadi sedikitnya 3 malam dalam 1 minggu dan berlangsung selama 3 bulan atau lebih.