Ini Lima Makanan Khas untuk Acara Hari Kematian di Meksiko

Ini Lima Makanan Khas untuk Acara Hari Kematian di Meksiko

Ini Lima Makanan Khas untuk Acara Hari Kematian di Meksiko – Upacara pemakaman adalah sebuah upacara yang berhubungan dengan penguburan, kremasi, dll, dari jenazah orang mati, atau peringatan penguburan (atau hal sejenisnya). “Hari Kematian” atau “Dia de Los Muertos” adalah festival yang dirayakan untuk mengenang keluarga yang sudah meninggal di Meksiko.

Kebiadaan upacara pemakaman terdiri dari kepercayaan dan praktik yang digunakan oleh sebuah budaya untuk mengenang dan menghormati orang mati melalui berbagai monumen, doa dan ritual. Festival ini dirayakan pada tanggal 1 hingga 2 November setiap tahunnya.

Pada acara festival ini berlangsung, masyarakat Meksiko biasanya akan menghias rumah mereka masing dan memasak berbagai macam makanan khas untuk hari tersebut. Dilansir dari IDN Poker Indonesia Makanan – makanan ini biasanya akan dimakan oleh masyarakat Meksiko sendiri dan juga dipersembahkan di pemakaman.

1. Roti pan de muertos
Unik, Ini 5 Makanan Khas untuk Festival Hari Kematian di Meksiko

Pan de muertos adalah roti yang selalu disiapkan untuk dihidangkan dan disantap saat festival Hari Kematian. Roti ini merupakan satu bagian penting dari festival dan harus ada selama festival berlangsung. Hal ini karena roti ini seperti lambang dari kerabat yang sudah meninggal.

Roti ini biasanya berbentuk bulat yang terbuat dari manisan jeruk. Pada bagian atas roti dibentuk menyerupai tulang dan diberi taburan gula atau biji wijen. Meskipun roti ini umumnya menjadi makanan untuk hari kematian, tetapi roti ini juga sudah dijual di toko roti pada hari biasa karena banyak disukai oleh orang Meksiko sendiri ataupun turis.

2. Tamales
Unik, Ini 5 Makanan Khas untuk Festival Hari Kematian di Meksiko

Sebuah putakte (diubah ke Bahasa Inggris dari Bahasa Spanyol tamales, bentuk jamak dari) adalah sebuah makanan tradisional Amerika Tengah yang dibuat dari masa. Masa adalah sejenis adonan pati yang biasanya berdasarkan tepung jagung. Adonan ini lalu dikukus atau direbus dalam bungkusan daun.

Tamales merupakan hidangan yang disantap saat melewati malam pada saat perayaan Hari Kematian. Makanan ini biasanya dimakan beramai – ramai, dan dimasak dengan jumlah yang banyak sekaligus di dalam pemanggangan bawah tanah.

3. Calaveras
Unik, Ini 5 Makanan Khas untuk Festival Hari Kematian di Meksiko

Calavera adalah representasi dari tengkorak manusia. Istilah ini paling sering diterapkan pada tengkorak yang dapat dimakan atau dekoratif yang terbuat dari gula atau tanah liat yang digunakan dalam perayaan Hari Orang Mati di Meksiko dan hari libur Katolik Roma, All Souls ‘Day

Calaveras terbuat dari pasta gula yang diukir menjadi bentuk menyerupai tengkorak, dan diberi warna – warna yang cukup terang. Setiap warna yang digunakan pada makanan ini memiliki arti masing – masing. Warna merah memiliki arti darah, ungu berarti nyeri, kuning berarti alam, dan warna oranye untuk melambangkan matahari.

4. Calabaza en tacha
Unik, Ini 5 Makanan Khas untuk Festival Hari Kematian di Meksiko

La Calabaza en Tacha adalah salah satu makanan penutup tradisional dalam perayaan Hari Orang Mati. Setiap daerah di negara saya memiliki cara khusus untuk membuatnya, tetapi umumnya labu dimasak dalam sirup Piloncillo dengan sedikit kayu manis untuk memberikan rasa yang lebih lezat.

5. Salad fiambre
Unik, Ini 5 Makanan Khas untuk Festival Hari Kematian di Meksiko

Fiambre adalah salad tradisional Guatemala yang disiapkan dan dimakan setiap tahun untuk merayakan Hari Orang Mati (Día de los Muertos) dan Hari Semua Orang Kudus (Día de Todos los Santos). Disajikan dingin dan dapat dibuat dengan puluhan bahan.

Semua bahan untuk membuat salad ini dibagikan pada keluarga yang berkumpul untuk mengunjungi pemakaman kerabat yang sudah meninggal. Saat di pemakaman semua bahan untuk membuat salad akan dicampur menjadi satu.

Setelah membaca artikel di atas, sekarang kamu sudah tahu makanan khas yang dihidangkan ketika festival Hari Kematian di Meksiko berlangsung. Jadi di antara semuanya, kamu tertarik ingin mencoba yang nih?