Inilah Lima Manfaat Mendengarkan Musik pada Bayi

Inilah Lima Manfaat Mendengarkan Musik pada Bayi

Inilah Lima Manfaat Mendengarkan Musik pada BayiPenelitian menunjukkan bahwa ada beragam manfaat musik untuk kesehatan, seperti menenangkan pikiran, memberi energi pada tubuh, dan mengelola rasa sakit. Apakah Kamu senang mendengarkan musik? Bagi Kamu , mendengarkan melodi yang menenangkan membantu melawan stres.

Selain itu, mendengarkan musik yang lembut juga dapat menurunkan detak jantung dan tekanan darah hingga melancarkan pernapasan. Efek yang sama dari musik akan dirasakan juga oleh bayi. Untuk mendapatkan manfaat dari mendengarkan musik, kamu dapat memperkenalkan musik sejak dini pada bayi. Tetapi bagaimana caranya ya?

Simak terus ulasan IDN Poker777 berikut ini untuk membantu bayi mengembangkan kecintaan pada musik sejak dini. Mama juga akan mengetahui bagaimana musik pengantar tidur dapat memberikan keajaiban.

1. Jadikan musik sebagai rutinitas sebelum tidur
1. Jadikan musik sebagai rutinitas sebelum tidur

Jadikan rutinitas untuk memutar musik selama waktu tidur bayi. Ini akan membantu bayi membangun rutinitas. Mendengarkan musik akan menjadi sesuatu yang dinanti-nantikan dan dinikmati oleh bayi.

Gunakan musik untuk menenangkan bayi sebagai persiapan untuk tidur. Lakukan secara teratur sebagai persiapan untuk waktu tidur bayi. Sebelum tidur, Mama dapat membersihkan bayi, melakukan pijat santai, serta mengganti pakaian tidur. Biarkan ruangan dalam keadaan gelap atau remang-remang. Sambil melakukan semua itu, tetap mainkan musik yang lambat dan lembut.

2. Tetap berada di sekitar bayi saat musik diputar
2. Tetap berada sekitar bayi saat musik diputar

Bayi mungkin tampak santai dan nyaman saat musik diputar sehingga Mama merasa sebaiknya meninggalkan ruangan. Hindari meninggalkan bayi sendirian saat musik diputar. Karena begitu musik berhenti, bayi mungkin terbangun karena penasaran dan mencari Mama.

Tetap di sekitar dan bantu bayi rileks hingga tertidur. Matikan musik secara perlahan saat Mama yakin bayi tidak akan menyadarinya. Kemudian Mama dapat meninggalkannya.

3. Bernyanyi dengan suara keras untuk bayi
3. Bernyanyi suara keras bayi

Bayi senang mendengarkan suara mama. Apa pun yang Mama nyanyikan atau senandungkan akan menjadi musik yang luar biasa untuk si Kecil. Bayi juga akan belajar mengenali suara mama segera setelah lahir saat Mama bernyanyi untuknya.

Nyanyikan lagu anak-anak, lagu pengantar tidur, lagu apa pun yang Mama suka. Mama juga bisa menyenandungkan lagu favorit atau jingle iklan yang menarik yang mungkin baru saja didengar.

4. Dorong bayi untuk membuat musik sendiri
4. Dorong bayi membuat musik sendiri

Dorong bayi untuk bereksperimen dengan musik dengan memberinya mainan musik yang sesuai dengan usianya. Salah satu mainan musik pertama yang bisa diberikan untuk bayi adalah mainan kerincingan sederhana.

Jika bayi terlalu kecil untuk memainkannya, bantu dia mendengarkan suara dengan menggoyangkan mainan tersebut di dekatnya. Gerakkan dari sisi ke sisi sambil membuat suara dan lihat bagaimana dia merespons.

Setelah bayi sedikit lebih besar, biarkan dia bermain dengan peralatan rumah sederhana seperti peralatan dapur, spatula, mangkuk plastik, dan piring. Biarkan dia bermain dengan berbagai benda, mencoba, dan melihat suara apa yang mereka hasilkan. Ini akan membantu bayi memahami konsep suara, di mana ia juga akan belajar menikmati musik.

5. Mainkan musik yang menyenangkan dan menenangkan
5. Mainkan musik menyenangkan menenangkan

Pilih musik yang akan menenangkan telinga kecil bayi. Jika ada jenis musik tertentu yang Mama sukai, mainkan dengan keras. Lihat bagaimana bayi bereaksi terhadapnya dan apakah ia tampak menikmatinya atau tidak. Apakah dia terkejut? Apakah dia menggerakkan kepalanya atau bagian tubuh lainnya mengikuti irama? Apakah dia mencoba mencari sumber musiknya? Apakah dia tersenyum atau menunjukkan antusiasmenya dengan bertepuk tangan? Apakah dia menangis?

Reaksi bayi akan memberi tahu apakah bayi menikmati musik atau tidak. Jika ya, terus mainkan nadanya. Tidak ada bahasa tertentu yang harus Mama kuasai, selama bayi menikmati ritmenya.

Biarkan bayi menikmati saat ia menjelajahi dunia musik dan mengembangkan pendengarannya untuk itu.