Karier Para Aktor Hollywood yang Telah Hancur Karena Skandal

Karier Para Aktor Hollywood yang Telah Hancur Karena Skandal

Karier Para Aktor Hollywood yang Telah Hancur Karena Skandal – Skandal ialah insiden yang dipublikasikan yang melibatkan dugaan pelanggaran, aib, atau pencabulan moral. Skandal bisa didasarkan pada realitas, produk dugaan salah, atau campuran keduanya.

Sehebat apa pun karier para aktor Hollywood di bawah ini, mereka tenggelam lantaran kasus pelecehan seksual yang menyerangnya. Mereka menerima berbagai konsekuensi bukan hanya dari masyarakat, tapi juga masa depan kariernya yang jadi gak bagus.

Kehilangan nama baik hingga pekerjaan, berikut ini para aktor Hollywood  yang kariernya hancur karena kasus pelecehan seksual. Kamu pernah tau, gak?

1. James Franco
5 Aktor Hollywood yang Kariernya Hancur karena Kasus Pelecehan Seksual

Begitu terkenal lewat film Spider-Man dan 127 Hours, James Franco diterpa masalah pelecehan seksual sejak 2014 lalu. Seorang perempuan berusia 17 tahun diminta bertemu di kamar hotel melalui DM Instagram yang kemudian diakui oleh Franco sendiri. Saat itu, ia gak merasa bersalah karena usia 17 tahun merupakan usia dewasa di New York.

Gak selesai sampai di situ, berbagai tuduhan datang dari lima perempuan yang pernah menjadi murid aktingnya. Alhasil, Franco dikenakan denda sebesar Rp31 miliar dan sampai sekarang ia gak terlibat dalam berbagai proyek, kecuali yang ia sutradarai sendiri.

2. Kevin Spacey
5 Aktor Hollywood yang Kariernya Hancur karena Kasus Pelecehan Seksual

Terkenal sebagai salah satu aktor terbaik Hollywood, peraih dua penghargaan Oscar, yaitu Kevin Spacey, juga mengalami kejatuhan karier lantaran kasus pelecehan seksual. Tepatnya 2017, salah satu korbannya mengungkap pelecehan yang dilakukan Spacey ketika dirinya masih berusia 14 tahun.

Setelah korban pertamanya buka suara, ada lima belas laki-laki lainnya yang mengaku pernah jadi korban pelecehan seksual Spacey. Tentu saja kasus ini berdampak besar bagi kariernya hingga ia dipecat dari serial House of Cards, film All the Money in the World (2017), dan Netflix juga membatalkan kerja samanya dengan Spacey.

3. Louis CK
5 Aktor Hollywood yang Kariernya Hancur karena Kasus Pelecehan Seksual

Pada 2017 lalu, ada lima perempuan yang mengaku pernah mendapatkan pelecehan seksual dari CK. Ada pula komedian Dana Min Goodman dan Julia Wolov yang mengaku bahwa CK pernah masturbasi di depan mereka. Setelah banyaknya korban yang angkat suara, ada beberapa komedian perempuan lain yang mengaku mendapat perlakuan serupa.

Akibatnya, CK dipecat dari Universal Pictures dan tidak lagi terlibat dalam film The Secret Life of Pets (2019). Gak hanya itu, I Love You, Daddy, film yang diperankannya, juga batal ditayangkan secara luas.

4. Shia LaBeouf
5 Aktor Hollywood yang Kariernya Hancur karena Kasus Pelecehan Seksual

Sangat populer lewat Transformers, siapa sangka Shia LaBeouf juga terlibat kasus pelecehan seksual. Tepatnya 2020, mantan kekasihnya yang merupakan seorang penyanyi menggugatnya atas tuduhan pelecehan seksual. Sang mantan mengaku mendapat kekerasan verbal maupun fisik saat masih menjadi kekasih LaBeouf.

Setelah itu terjadi, karier LaBeouf langsung meredup. Namanya dihapus dari film Pieces of Woman (2020) dan Netflix melengserkannya dari pertimbangan penghargaan di situs mereka. Gak selesai sampai di situ, LaBeouf juga gak terlibat dalam proyek apa pun setelahnya.

5. Armie Hammer
5 Aktor Hollywood yang Kariernya Hancur karena Kasus Pelecehan Seksual

Para penggemar Call Me By Your Name (2017) pasti gak asing lagi dengan Armie Hammer yang jadi salah satu pemeran utamanya. Tampil cukup memukau dalam film tersebut, nyatanya Hammer malah dilaporkan atas beberapa kasus pelecehan seksual. Mulai dari 2016—2020, terdapat banyak sekali tangkapan layar dari berbagai perempuan yang mengungkap fantasi seksual aneh yang dimiliki Hammer.

Mulai dari kekerasan, pemerkosaan, hingga kanibalisme, ada perempuan yang mengaku Hammer ingin memakan daging dan menjilat luka yang dimilikinya. Karena hal ini, Hammer kehilangan begitu banyak proyek. Ia bahkan dikeluarkan dari film Shotgun Wedding, Gaslit, dan serial The Offer.

Gak disambut baik, bahkan dibuang saat kelakuannya terendus publik, mereka menerima konsekuensi sosial maupun pekerjaan yang membuat namanya tercoreng. Dari semua kasus di atas, nih, mana yang barusan kamu tau?

Beberapa skandal diungkap oleh orang dalam yang mengungkapkan pelanggaran dalam organisasi atau kelompok, misalnya Deep Throat (William Mark Felt) selama Skandal Watergate pada tahun 1970-an yang melibatkan  Presiden Richard Nixon.

Skandal dugaan salah bisa menimbulkan perburuan bagi orang tak bersalah. Terkadang usaha menutup-nutupi skandal mengakibatkan terungkapnya skandal yang lebih besar kala gagal.