Kesenian Bernilai Tinggi yang Berasal dari Indonesia

Selain Batik, Ini Kesenian Bernilai Tinggi yang Berasal dari Indonesia

Kesenian Bernilai Tinggi yang Berasal dari Indonesia – Indonesia dikenal sebagai negara yang kaya akan adat dan budaya. Wajar saja jika keberagaman yang dimiliki oleh Indonesia banyak melahirkan karya seni yang bernilai tinggi. Namun sayang, kendati memiliki nilai seni yang tinggi, beberapa kesenian milik rakyat Indonesia ini tak pernah terekspos dan bahkan tak dikenal oleh publik.

Kalau kamu cinta Indonesia, coba deh sebutin apa aja sih kesenian atau kerajinan asli Indonesia? Pasti kalian serentak bakalan menyebutkan batik, benar gak? Oh come on guys, gak cuma batik doang lho budaya ‘andalan’ kita. Meski hampir sebagain besar seni budaya dan keseniannya masih sangat tradisional, justru ini yang membedakan Indonesia dengan negara lainnya. Gak tanggung-tanggung, nilainya pun fantastis banget! Apa aja? Ini dia jawabannya!

  • Wayang kulit

Hayo, kapan sih kira-kira kamu terakhir nonton wayang? Pasti udah jarang banget kan? Eits tapi tunggu dulu, kamu harusnya bangga lho soalnya UNESCO telah memasukkan seni wayang ke dalam daftar budaya warisan Indonesia sejak 2003 yang lalu.

Ssst, kamu gak boleh remehin wayang kulit. Ini harganya juga gak kalah fantastis hingga jutaan rupiah lho. Gak heran kalo dijadiin koleksi. Jadi sekarang gak boleh dipandang sebelah mata ya!

  • Tenun ikat Ternate

Gak cuma songket, tenun ikat termasuk salah satu barang seni yang bernilai tinggi dan paling banyak dipakai oleh para pelaku industri mode di Indonesia. Selain itu, tenun ikat juga diklaim sebagai bagian dari identitas budaya bangsa yang memiliki nilai kesenian daerah.

Meski hampir di sebagian besar wilayah di Indonesia punya kain tenun mereka sendiri, kain tenun Ternate mempunyai karakter yang paling kuat lewat motifnya. Biasanya, mereka menggunakan berbagai motif yang berkaitan dengan keragaman Maluku Utara dan berhubungan dengan dunia laut seperti ikan, kerang, ataupun burung laut.

Songket

Kamu percaya gak kalau kain songket juga punya harga selangit hingga puluhan juta? Kok bisa? Perlu kamu ketahui nih guys, kalau proses pembuatan kain tenun tradisional Pulau Sumatera ini sangatlah lama.

Belum lagi dengan menambahkan benang emasnya di atas benang lungsin. Ya sesuai dengan namanya sih, Pulau Sumatera dijuluki sebagai ‘swarnabhumi’ dan ‘swarnadwipa’ yang berarti pulau emas. Pantesan harganya mahal ya.

  • Seni ukir Asmat

Kesenian mengukir seakan udah jadi tradisi turun menurun bagi orang-orang asli suku Asmat. Di mata dunia, harga seni ukir mereka nilainya hingga miliaran rupiah lho. Cuma bermodalkan sebuah pohon, kekhasan ukiran ini terukir indah ditangan para pengrajin suku Asmat.

Nah, kalau kamu sering bertanya-tanya gak sih apa maksud dari ukiran Asmat? Ternyata ukiran tersebut merupakan penggambaran dari nenek moyang mereka lho. Mereka mengukirnya sebagai salah satu bentuk penghormatan mereka terhadap nenek moyang atau leluhurnya secara turun temurun. Respect!

  • Keris

Dulu, keris digunakan sebagai salah satu senjata tradisional dari Indonesia yang digunakan dalam berperang. Kerap dijuluki sebagai benda magis, keris ini sering diperlakukan sebagai benda ‘hidup’ yang bernyawa dan wajib untuk dirawat sebaik mungkin bahkan kalau perlu dimandikan.

Siapapun yang memiliki keris ini, mereka akan dianggap sebagai kalangan bangsawan dan menyelipkannya di pinggang bagian kiri sebagai simbol keberanian. Harganya sih bikin kamu melongo, bisa sampai puluhan juta lho untuk keris asli. Minat koleksi?

Itulah kelima seni budaya dan kesenian asli Indonesia yang bernilai tinggi. Masih ada banyak budaya Indonesia yang sebenarnya jarang terekspos namun punya nilai sejarah tersendiri. Negara lain aja kagum sama budaya kita, masa kita sendiri gak bangga sih?

Paling gak, kamu tau budaya Indonesia lainnya di website Indonesia Kaya. Di sana kamu gak cuma nemuin keseniannya aja kok, kamu juga bisa cari tau tradisi, pariwisata, bahkan hingga kulinernya sekalipun. Penasaran kan? Cek info selengkapnya di sini ya!