Lima Band Yogyakarta yang Sukses di Industri Musik Indonesia

Lima Band Yogyakarta yang Sukses di Industri Musik Indonesia

Lima Band Yogyakarta yang Sukses di Industri Musik Indonesia – Grup musik dikenal juga dengan sebutan kelompok musik, band atau ansambel musik merupakan kumpulan yang terdiri atas dua atau lebih musisi yang memainkan alat musik ataupun bernyanyi. Kota Yogyakarta bisa dibilang gudangnya segala band dengan beberapa genre musik, seperti pop, rock, ska, jazz, reggae, dan lain-lain.

Dalam penampilan musik klasik, trio ataupun kuartet meracik suara dari beberapa instrumen musik (seperti piano, dawai, dan tiup) ataupun mengelompokkan sesuai jenisnya masing-masing seperti pada penampilan ansambel dawai. Maka, tidak heran jika kota ini dijuluki sebagai kota para seniman. Perkembangan musik di Yogyakarta sangatlah pesat dengan munculnya band-band baru yang sering tampil di beberapa kafe.

Selain melahirkan band-band indie, Kota Yogyakarta juga melahirkan sejumlah band yang telah populer di kancah musik nasional. Bahkan, ada juga dari mereka yang kini telah dikenal sebagai salah satu legenda musik Indonesia. Berikut ini lima band asal Kota Yogyakarta yang telah sukses menorehkan namanya di industri musik Indonesia.

1. Sheila on 7
5 Grup Band dari Yogyakarta yang Sukses di Kancah Musik Nasional

Siapa yang tak kenal grup band satu ini? Semua orang pasti familiar dengan lagu ‘Dan’, ‘Anugerah Terindah yang Pernah Kumiliki’, ‘Sephia’, dan ‘Seberapa Pantas’. Lagu-lagu tersebut tak lain adalah lagu-lagu populer milik Sheila on 7.

Sheila on 7 adalah grup band asal Yogyakarta yang meraih kesuksesan besar di belantika musik Indonesia. Grup band yang digawangi oleh Duta (vokal), Eross (gitar), Adam (bass), dan Brian (drum) tersebut telah merilis 8 album sepanjang kariernya. Nama mereka pun telah diperhitungkan di industri musik tanah air menjadi salah satu band yang melegenda.

2. Jikustik
5 Grup Band dari Yogyakarta yang Sukses di Kancah Musik Nasional

Nama Pongki Barata memang sudah tidak asing lagi bagi penikmat musik Indonesia. Begitu juga dengan band-nya, yaitu Jikustik. Nama Pongki Barata memang tidak bisa dilepaskan begitu saja dari band terdahulunya itu meskipun saat ini ia telah memilih bersolo karier.

Lagu ‘Maaf’ dan ‘Seribu Tahun Lamanya’ yang termasuk di album pertama mereka berjudul Seribu Tahun pun berhasil melambungkan nama Jikustik di belantika musik Indonesia. Dengan mengandalkan lirik-lirik puitis gubahan Pongki dan Icha, Jikustik seolah menjadi band yang dielu-elukan penikmat musik Indonesia pada era 2000-an.

3. Seventeen
5 Grup Band dari Yogyakarta yang Sukses di Kancah Musik Nasional

Selain Sheila on 7 dan Jikustik, Seventeen juga salah satu band yang sangat diperhitungkan di industri musik tanah air. Lagu-lagunya yang melankolis dan bertemakan cinta ini pun sangat digemari oleh masyarakat Indonesia.

Lagu-lagu seperti ‘Selalu Mengalah’, dan ‘Jaga Selalu Hatimu’ merupakan lagu karya mereka yang sangat digemari oleh masyarakat Indonesia, terutama Kawan Seventeen (sebutan untuk para penikmat karyanya).

Namun, band ini harus menerima cobaan berat pada penghujung tahun 2018, tepatnya pada tanggal 22 Desember 2018. Saat itu, Seventeen harus kehilangan tiga personilnya, Bani (bass), Herman (gitar), dan Andi (drum) akibat terjangan bencana alam gelombang tsunami di Pantai Tanjung Lesung, kala Seventeen tampil mengisi acara Gathering PLN.

4. The Rain
5 Grup Band dari Yogyakarta yang Sukses di Kancah Musik Nasional

Nama The Rain juga cukup familiar bagi penikmat musik Indonesia. Grup band yang digawangi oleh Indra (vokal, gitar), Iwan (gitar), Ipul (bass), dan Aang (drum) ini pertama kali meraih popularitasnya dengan lagu ‘Dengar Bisikku’. Lagu tersebut menjadi gerbang pembuka bagi The Rain di belantika musik Indonesia.

The Rain adalah grup band yang bisa dibilang masih konsisten berkarya. Hingga saat ini, The Rain masih merilis karya mereka dalam bentuk single di berbagai platform digital.

5. Shaggy Dog
5 Grup Band dari Yogyakarta yang Sukses di Kancah Musik Nasional

Anak muda Jogja pasti gak asing dengan band yang satu ini. Apalagi buat mereka yang sangat familiar dengan lagu ‘Di Sayidan’. Lagu ‘Di Sayidan’ merupakan lagu yang mengantarkan Shaggy Dog mengecap kesuksesannya di industri musik tanah air. Hingga hari ini, lagu tersebut masih saja digemari oleh anak-anak muda Yogyakarta.