Musik lokal yang terpopuler dan terbaik tahun 2020

Musik indonesia terpopuler

Musik lokal yang terpopuler dan terbaik tahun 2020 – Industri musik Indonesia mulai menjadi sebuah puncak tersendiri dengan bermunculannya sederet lagu-lagu hits dari musisi tanah air. Jumlah pendengar musik Indonesia pun memperlihatkan peningkatan signifikan di tahun ini bila dibandingkan dengan sebelumnya.

Tren musik di Indonesia pada tahun sekarang lebih didominasi oleh pendatang baru yang menyajikan karya lebih segar bagi para penikmat musik lokal khususnya anak muda. Namun banyak juga artis serta lagu lama yang kembali populer lewat aransemen lagu yang berbeda.

Musik lokal yang terpopuler dan terbaik tahun 2020

Kunto Aji – Rehat

Kunto Aji menjadi salah satu musisi yang berjasa dalam geliat industri musik Indonesia tahun ini. Sederet rilisan dari sang musisi mencuri hati pendengar. Dentingan musik indie pop dari “Rehat,” ditambah dengan vokalisasi sang penyanyi menghadirkan senandung yang menangkan. Seperti judulnya. Sepertinya tak perlu disangkal bahwa “Rehat” menjadi salah satu rilisan terbaik dari Indonesia tahun ini.

 Ardhito Pramono – fine today (Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini)

Ardhito Pramono adalah seorang musisi kelahiran 95 di Jakarta. Ia merupakan seorang penikmat musik jazz, tak heran lagu-lagunya terdengar jazzy.

Kemajuan dunia digital dimanfaatkan dengan baik oleh Ardhito Pramono. Semenjak 2013 lalu ia mulai mempopulerkan karya-karya nya lewat unggahannya di berbagai Platform Online khususnya Youtube. Alhasil karyanya mulai banyak dikenal orang.

Lagu “fine today” merupakan salah satu lagu yang akan mengisi soundtrack film “Nanti Kita Cerita Tentang Hari ini” yang kabarnya akan ditayangkan pada 09 Januari 2020.

Tak melulu lagu galau, lagu yang menggambarkan suasana gembira ini populer juga di tahun ini.

Salah satu karya Iwa K di era 90an dibawakan ulang dengan aransemen lebih modern. Adanya lagu bebas di 2019 ini menjadikan suasana tahun ini lebih riang.

Yovie, Tulus & Glenn – Adu Rayu

“Adu Rayu” menjadi hits baru dari Yovie Widianto. Kali ini tak sendiri, sang musisi menggandeng Tulus dan Glenn Fredly dalam lagu pop romantis. Salah satu daya tarik utama dari lagu ini hadir dari sisi nostalgia yang kental dalam iramanya. Yovie Widianto tak berusaha untuk membawa sebuah genre atau pun lonjakan baru dari rilisannya. Sebaliknya, ia setia dengan irama pop, yang kali ini diselingi dengan synth manis. Mendengarkan “Adu Rayu” tak hanya akan merasa sedang dirayu oleh sang kekasih. Melainkan seolah mendengar lagu dari tahun 2000-an dengan kemasan sedikit lebih modern.

 Noah – Wanitaku

Musikalitas Noah yang tetap menjadi Noah dengan ciri instrumental dan gaya bernyanyi Ariel yang khas itulah yang menggambarkan karya terbaru dari grup Band ini.

Sebelumnya “Wanitaku” pernah diperkenalkan dalam konser di Gili Trawangan pada 12 Februari 2017 lalu. Namun NOAH hanya memainkan bagian refrain lagunya saja. Musica Studio’s merilis teaser audio resmi di YouTube pada 20 April 2017.

Versi penuh dari “Wanitaku” baru dirilis dua tahun setelahnya. “Wanitaku” dirilis sebagai single ekslusif di JOOX pada 14 Juni 2019, sebelum dirilis di platform musik digital lain pada 28 Juni 2019.

 Andmesh – Kumau Dia

Andmesh seorang penyanyi yang juga seorang pemenang pada ajang Rising Star pada 2017 lalu sedang aktif-aktifnya merilis lagu di tahun 2019. Selain lagu “Cinta Luar Biasa” yang sukses masuk tangga teratas di beberapa platform musik.

Lagu terbaru dengan judul “Kumau Dia” ini semakin melejitkan nama Andmesh Kamelang. “Kumau Dia” sempat trending di Indonesia, beberapa hari setelah rilis di Youtube.