Para Boyband Dengan Penjualan Album Terlaris Dalam Sejarah

Para Boyband Dengan Penjualan Album Terlaris Dalam Sejarah

Para Boyband Dengan Penjualan Album Terlaris Dalam Sejarah – Grup vokal pria adalah sejenis kelompok musik pop atau R&B yang terdiri dari tiga anggota atau lebih, semuanya penyanyi laki-laki muda. Biasanya anggota grup vokal pria selain menyanyi juga menari dalam pertunjukan mereka.

Walaupun saat ini rasanya industri musik tengah dikuasai oleh boyband asal Korea, tidak dapat dimungkiri kehadiran boyband barat yang pernah menorehkan sejarah. Di Hollywood sendiri, era boyband mencapai puncaknya pada tahun 90-an.

Sampai akhirnya muncul One Direction yang menghidupkan kembali era boyband. Sepanjang sejarah musik, terdapat banyak sekali boyband yang bermunculan. Tetapi tidak semuanya mampu meraih kesuksesan. Mungkin banyak yang musiknya kurang diminati sehingga perlahan namanya tenggelam.

1. Backstreet Boys
5 Lagu Backstreet Boys yang Bikin Baper

Backstreet Boys menjadi salah satu boyband paling ikonik pada tahun 90-an. Boyband ini beranggotakan Nick Carter, Howie Dorough, AJ McLean, Brian Littrell, dan Kevin Richardson. Boyband yang terbentuk pada tahun 1993 ini sempat menjadi idola banyak remaja pada masa itu.

Selam berkarier, Backstreet Boys sempat hiatus pada tahun 2002 dan akhirnya kembali bersama pada 2004. Backstreet Boys sudah mengeluarkan total 10 album dan terjual lebih dari 100 juta kopi di seluruh dunia.

2. New Kids On The Block
Tommy Page Meninggal, New Kids On The Block Nostalgia - ShowBiz Liputan6.com

New Kids On The Block atau NKOTB dibentuk pada tahun 1985 dan langsung memperoleh kesuksesan sampai awal 90-an. Aktor Mark Wahlberg dan saudaranya, Donnie Wahlberg pernah menjadi anggota boyband yang terkenal dengan lagu “Forever” tersebut.

NKOTB juga sempat mengalami hiatus pada tahun 1994 dan berlangsung belasan tahun. Mereka akhirnya comeback pada tahun 2008. NKOTB sendiri sudah mengeluarkan enam album yang terjual mencapai 70 juta kopi.

3. One Direction
Satu dekade One Direction, foto-foto di balik rumor reuni - BBC News  Indonesia

One Direction kembali menghidupkan kejayaan boyband setelah sempat mati suri. Boyband asal Inggris ini dibentuk pada tahun 2010 melalui acara X Factor. Walaupun gagal memperoleh predikat juara pertama, One Direction sukses menggaet banyak penggemar.

One Direction terdiri dari Harry Styles, Niall Horan, Liam Payne, Louis Tomlinson, dan Zayn Malik. Sayangnya Zayn memutuskan untuk keluar pada tahun 2015. Setahun setelahnya One Direction pun hiatus. One Direction merilis 5 album yang terjual 70 juta kopi sepanjang karier mereka

4. *NSYNC

Lirik Lagu Bye Bye Bye - 'N Sync - Ragam Bola.com

*NSYNC merupakan boyband asal Amerika yang terdiri dari Justin Timberlake, JC Chasez, Chris Kirkpatrick, Joey Fatonem dan Lance Bass. Boyband ini dibentuk pada tahun 1995 dan susah merilis total 4 album. Penjualan album *NSYNC mendekati One Direction dengan terjual 70 juta kopi.

Sayangnya boyband ini bubar pada tahun 2002 setelah tujuh tahun bersama. Setelahnya, Justin Timberlake memutuskan untuk bersolo karier.

5. Boyz II Men
Boyz II Men almost passed on I'll Make Love to You | EW.com

Tidak banyak boyband beraliran musik R&B, hal ini yang membuat Boyz II Men unik. Boyz II Men sendiri dibentuk pada tahun 1987. Total ada 11 album yang sudah dirilis oleh mereka dan terjual sebanyak 60 juta kopi. Berbeda dari boyband kebanyakan, Boyz II Men tidak pernah hiatus.

6. Take That
Penyanyi 90an: Take That Tetap Berkarya Tanpa Robbie Williams -  Entertainment Fimela.com

Take That merupakan boyband asal Inggris yang dibentuk pada tahun 1989. Take That beranggotakan Robbie Williams, Gary Barlow Mark Owen, Howard Donald, dan Jason Orange. Sayangnya pada 1995, Robbie memutuskan keluar untuk bersolo karier. Baru pada 2014, Jason juga keluar dari Take That.

Take That sudah merilis sebanyak 8 album yang terjual mencapai 45 juta kopi. Take that juga sempat menjalani hiatus pada 1996 hingga 2005. Kini Take That hanya terdiri dari tiga anggota yang masih bertahan.

7. Westlife
Perjalanan Karir Westlife Hingga Akhirnya Bubar | Inspirasipagimu | Berita  Inspirasi | Inspirasi Pagi

Last but not least, ada Westlife yang dibentuk pada tahun 1998. Boyband asal Irlandia ini beranggotakan Shane Filan, Mark Feehily, Brian McFadden, Kian Egan, dan Nicky Byrne. Sayangnya Brian keluar dari Westlife pada tahun 2004 lalu untuk bersolo karier.

Westlife sudah merilis total 11 album sepanjang kariernya. Album-album tersebut terjual sebanyak 45 juta kopi. Westlife juga pernah mengalami hiatus selama enam tahun. Baru pada 2018 Westlife comeback setelah hiatus pada tahun 2012.

Mereka biasanya dibentuk oleh seorang manajer atau produser rekaman dengan cara mengadakan audisi, di mana para peserti diuji penampilannya, kemampuan menyanyinya, dan kemampuan berdansanya. Mereka biasanya tidak memainkan alat musik sendiri.

Maurice Starr biasanya dianggap sebagai pelopor, dengan dua grup vokal pria New Edition dan New Kids on the Block, walaupun istilah “grup vokal pria” tidak muncul sampai tahun 1990-an. Ide Starr adalah untuk meniru kelompok musik R&B dan menerapkannya kepada jenis musik pop. Hal ini kemudian ditiru oleh Nigel Martin-Smith dan Louis Walsh.

Well, boyband tersukses di atas, nomor berapa yang merupakan boyband  favoritmu dan juga ibumu, nih?