Pemeran Pendukung Dalam Sinetron Si Doel yang Sudah Wafat

Pemeran Pendukung Dalam Sinetron Si Doel yang Sudah Wafat

Pemeran Pendukung Dalam Sinetron Si Doel yang Sudah Wafat – Si Doel Anak Sekolahan adalah sinetron latar belakang kebudayaan komedi terpanjang nomor satu dan terbesar di Jakarta yang ditayangkan oleh stasiun televisi terestrial swasta nasional di Indonesia melalui RCTI dengan berdomisili dan membasiskan di Jakarta. Diproduser, ditulis, disutradarai dan dibintangi oleh Rano Karno sebagai Doel, sinetron ini berkisah mengenai kehidupan Doel dan keluarganya.

Keluarga Betawi yang tetap mempertahankan nilai-nilai tradisional meskipun hidup di tengah-tengah arus perkotaan dan modernisasi. Selain Rano Karno sebagai pemeran utama, sinetron ini juga dibintangi oleh Maudy Koesnaedi, Cornelia Agatha, Benyamin Sueb, Aminah Cendrakasih, Mandra, Suti Karno dan Basuki. Sinetron Si Doel Anak Sekolahan adalah sinetron yang sangat populer pada tahun 1990-an. Sinetron yang disutradarai oleh Rano Karno ini menceritakan tentang kehidupan seorang mahasiswa teknik sipil bernama Kasdullah atau Doel dan keluarganya.

Selain tentang Doel dan keluarganya, cinta segitiga antara Doel, Zaenab, dan Sarah pun menjadi konflik dalam IDN Poker777 sinetron yang memiliki latar belakang kebudayaan Betawi ini. Sinetron ini pertama kali ditayangkan di RCTI pada tahun 1993 dan menjadi tontonan favorit kala itu. Meskipun karakter utama dalam sinetron ini adalah Doel, Sarah, dan Zaenab, namun karakter pendukung juga memiliki porsi adegan yang sama dengan karakter utama.

1. Bendot
5 Pemeran Pendukung Sinetron Si Doel Anak Sekolahan yang Telah Wafat

Masih ingatkah dengan orang yang datang ke rumah si Doel dan menghabiskan kolaknya Babe? Dialah Pak Bendot, mertuanya Mas Karyo yang datang dari Jawa atas suruhan istrinya.

Meskipun hanya karakter pendukung, namun karakter Pak Bendot ini bisa mengundang tawa dengan cara berbicaranya yang medok dan kadang menggunakan bahasa Jawa. Namun kebersamaan Pak Bendot dalam sinetron ini hanya sampai musim kelima dikarenakan Pak Bendot meninggal pada tanggal 23 Desember 2001.

2. Tino Karno
5 Pemeran Pendukung Sinetron Si Doel Anak Sekolahan yang Telah Wafat

Jika dalam kehidupan nyata, Tino Karno adalah kakak dari Rano Karno, pemeran si Doel dan Suti Karno, pemeran Atun. Namun dalam sinetron ini, Tino Karno berperan sebagai Sape’i, teman Doel yang berprofesi sebagai pengusaha ikan hias.

Karakter Sape’i hanya muncul dalam beberapa episode saja karena selebihnya, Tino Karno berada di belakang layar sebagai pimpinan produksi. Tino Karno telah wafat pada tanggal 3 Januari 2001.

Dialognya di sinetron ini pernah ditampilkan dalam film Si Doel The Movie yang dirilis pada tahun 2018 yang mengatakan, “Lu inget kagak si Irman? Dia itu Doktorandus, jatuh-jatuhnya dagang baju juga di Tanah Abang”.

3. Djoni Irawan
5 Pemeran Pendukung Sinetron Si Doel Anak Sekolahan yang Telah Wafat

Masih ingatkah dengan dialog, “Hei orang primitif. Bangga ya dijadikan bahan skripsi?”. Kata itulah yang diucapkan oleh Roy kepada Doel saat menghadiri acara pesta ulang tahun Sarah yang kemudian menyinggung perasaan si Doel.

Karakter Roy diperankan oleh Djoni Irawan. Roy adalah orang yang bersaing dengan Doel dalam memperebutkan hati Sarah. Namun karakter Roy tidak lagi dimunculkan dalam film Si Doel The Movie dikarenakan pemerannya sudah wafat pada tanggal 15 Oktober 2012.

4. Bodong
5 Pemeran Pendukung Sinetron Si Doel Anak Sekolahan yang Telah Wafat

Dalam sinetron ini, Bodong memerankan karakter Kong Caak, seorang pemain tanjidor yang memainkan tanjidornya saat hujan malam-malam sehingga Mandra diusir dari rumah Kong Ali karena Nyak Rodiyah sering terkejut dan tidak bisa tidur akibat Kong Caak memainkan tanjidornya.

Saat itu, Mandra diusir oleh Kong Ali lantaran tidak mau meminta Kong Caak agar dia berhenti meniup tanjidornya. Dalam suatu episode, Kong Caak meminta bantuan Doel untuk memperbaiki tanjidornya. Namun rupanya, Bodong juga telah berpulang ke rahmatullah pada tahun 2012.

5. Tb. Maulana Husni
5 Pemeran Pendukung Sinetron Si Doel Anak Sekolahan yang Telah Wafat

Tb. Maulana Husni berperan sebagai Cang Rohim, ayah Zaenab yang juga pemilik pabrik batako tempat si Doel bekerja. Namun karena adanya perbedaan pendapat antara Cang Rohim dan si Doel, akhirnya si Doel mengundurkan diri dari pabrik itu. Meskipun hanya karakter pendukung, namun karakter ini selalu muncul dalam setiap episode mulai dari musim kedua.

Tb. Maulana Husni telah meninggal dunia pada tanggal 25 Mei 2014 karena penyakit stroke. Saat sakit, aktor kelahiran 15 Agustus 1936 ini juga terlibat dalam film televisi Si Doel Anak Pinggiran. Dalam FTV itu, akting Tb. Maulana Husni sangat total dalam memerankan karakter Cang Rohim saat sakit stroke.

Meskipun beberapa pemain sinetron Si Doel Anak Sekolahan telah wafat, namun sinetron ini telah ditayangkan ulang beberapa kali di RCTI. Bahkan dalam versi filmnya juga bisa meraih jutaan penonton.

Si Doel Anak Sekolahan ketika pertama ditayangkan melejit menjadi salah satu acara paling terkenal dan mengalahkan popularitas produksi-produksi asing yang saat itu mendominasi televisi Indonesia. Pada tanggal 13 Maret 2000, sinetron ini dipindahkan dari RCTI ke Indosiar hingga tamat tanggal 10 Mei 2003. Sejak tanggal 25 Agustus 2006, sinetron ini ditayangkan ulang mulai episode awal di RCTI dari musim 1-4 sampai musim 6.