Pertunjukan Seni yang dapat Kamu Kunjungi di Festival Fulan

Pertunjukan Seni yang dapat Kamu Kunjungi di Festival Fulan

Pertunjukan Seni yang dapat Kamu Kunjungi di Festival FulanFestival Fulan Fehan merupakan event promosi pariwisata Kabupaten Belu yang digelar pertama kali tahun 2017 dan berhasil meraih rekor MURI sebagai festival dengan jumlah peserta terbanyak yakni 6.000 orang. Setelah berhasil memecahkan rekor MURI pada 2017 melalui Tari Likurai yang menghadirkan 6000 penari, tahun ini Festival Fulan Fehan menghadirkan 1500 penari.

Tidak hanya itu, pada festival yang diselenggarakan di Nusa Tenggara Timur ini berkolaborasi dengan koreografer terkenal, Eko Supriyanto atau yang akrab disapa Eko Pace, yang merupakan koreografer pada pembukaan Asian Games 2018 lalu.

Festival Fulan Fehan merupakan festival yang diadakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Platform Indonesiana dan berlokasi di perbatasan Republik Indonesia dan Timor Leste, tepatnya di kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur. dilansir dari poker idn deposit pulsa 10000 tanpa potongan Bukan hanya pertunjukan seni, di festival yang telah berlangsung pada 6 Oktober 2018 lalu ini juga menghadirkan banyak pertunjukkan seni lainnya. Apa saja?

1. Prosesi Bibit Padi
6 Pertunjukan Seni yang Bisa Kamu Nikmati di Festival Fulan Fehan 2018

Prosesi Bibit Padi merupakan upacara ritual prosesi membawa padi yang akan ditanam. Dalam ritual ini turut hadir pembaca mantra atau yang disebut dengan makoan, pembawa gong, pembawa bibit padi, pembawa ajimat, pembawa tombak, dan pembawa payung.

2. Tari Selendang
6 Pertunjukan Seni yang Bisa Kamu Nikmati di Festival Fulan Fehan 2018

Tari Selendang adalah jenis tarian tradisional yang berasal dari daerah PEMALANG Provinsi Jawa Tengah. Tari Selendang ini umum juga disebut dengan nama Tari Benelai. Dalam bahasa Pemalang, selendang disebut dengan Slendang yang menurut sejarawan identik dengan LENDANG yang merupakan perlengkapan dalam membawakan suatu tarian.

Setelah ritual prosesi bibit padi selesai dilakukan, muncul dari balik bukit penari cantik yang membawa selendang berwarna merah. Mereka akan membawakan tarian yang diberi nama Tari selendang.

3. Konser Musik Bambu
6 Pertunjukan Seni yang Bisa Kamu Nikmati di Festival Fulan Fehan 2018

Bukan hanya tarian, ada pula konser musik dalam Festival Fulan Fehan. Uniknya, pada konser ini semua pemusik menggunakan bambu sebagai alat musik utamanya. Melengkapi acara ini, ada pula penyanyi yang diiringi musik dari bambu tersebut.

4. Fashion Show Tenun
6 Pertunjukan Seni yang Bisa Kamu Nikmati di Festival Fulan Fehan 2018

Fashion show Cita Tenun Kali kali ini menampilkan desainer-desainer yang semuanya menggunakan kain tenun dari berbagai daerah di Indonesia. Kain-kain tenun ini diolah menjadi sebuah karya mode yang modern sesuai tren terkini tanpa meninggalkan nafas budaya aslinya.

Setelah mendengarkan alunan musik dari bambu, muncul para penenun dengan membawa alat tenun diiringi dengan para penari yang membawa kain tenun hasil karya para penenun tersebut. Acara ini selanjutnya ditutup dengan fashion show oleh beberapa model yang mengenakan busana dari bahan kain tenun.

5. Tari Antama
6 Pertunjukan Seni yang Bisa Kamu Nikmati di Festival Fulan Fehan 2018

Tarian Antama adalah tradisi turun temurun yang sudah dilakukan masyarakat di daerah itu. Biasanya puluhan suku berkumpul dan melakukan ritual sebelum melakukan Antama atau berburu, namun tradisi ini perlahan mulai hilang sejak tahun 1990-an, terutama karena lahan tempat perburuhan mulai menyusut dan berkurang.

Pada tarian ini, para penari membawa tombak dan menggambarkan suasana sedang berburu. Pada akhir tarian terlihat suasana kemenangan karena berhasil mendapatkan hasil buruan.

6. Tari Likurai
6 Pertunjukan Seni yang Bisa Kamu Nikmati di Festival Fulan Fehan 2018

Tari Likurai merupakan tarian tradisonal Kabupaten Belu. Tari likurai digunakan sebagai simbol penghormatan kepada tamu yang datang ke Kabupaten Belu atau menyambut para pejuang yang pulang dari medan peperangan.

IDN Media yang sebelumnya berkolaborasi dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Platform Indonesiana dalam Kampanye Diversity is Beautiful mengadakan kompetisi dengan hadiah utama menyaksikan langsung Festival Fulan Fehan 2018 ini. Dari banyaknya peserta yang mengikuti kompetisi melalui Instagram tersebut terpilih dua orang pemenang yang beruntung. Para pemenang tersebut adalah Miftakhusani dan Faradilah Bari yang berkesempatan untuk terbang ke Atambua untuk menyaksikan langsung Festival Fulan Fehan 2018.