Tujuh Event Game Populer Ini Dibatalkan Karena COVID-19

Tujuh Event Game Populer Ini Dibatalkan Karena COVID-19

Tujuh Event Game Populer Ini Dibatalkan Karena COVID-19 – Pembatasan sosial (bahasa Inggris: social distancing), juga disebut pembatasan fisik (physical distancing), atau secara informal jaga jarak, adalah serangkaian tindakan intervensi nonfarmasi yang dimaksudkan untuk mencegah penyebaran penyakit menular. Ketika virus corona mulai menyebar ke seluruh dunia hanya dalam hitungan minggu, menjadi jelas bahwa cara hidup normal atau yang lama harus diubah secara drastis untuk mengekang penyebaran virus.

Dan dengan kebijakan physical distancing yang diberlakukan di hampir semua negara, banyak event besar yang akhirnya dibatalkan. Event game menjadi salah satu yang pertama yang terpaksa harus dibatalkan karena pandemik corona.

Di bawah ini, IDN Poker Indonesia telah merangkum 7 di antaranya yang tidak hanya datang konferensi besar saja, namun juga turnamen dari berbagai game kompetitif populer.

1. League Of Legends Championship Series 
7 Event Game Besar yang Dibatalkan karena Pandemik COVID-19 

Kejuaraan Liga Legenda Eropa, yang sebelumnya dikenal sebagai Seri Kejuaraan Liga Legenda Eropa, adalah nama liga esports League of Legends profesional yang dijalankan oleh Riot Games, di mana sepuluh tim bersaing.

Karena pandemi virus corona, LoL Championship Series belum sepenuhnya dibatalkan, dengan Riot berencana untuk menjalankannya tanpa penonton. Itu artinya, para pemain atau pemenang tidak lagi dapat merasakan momen-momen epik dengan ribuan penonton, yang di tahun-tahun sebelumnya bisa mereka rasakan.

2. Apex Legends Global Series 
7 Event Game Besar yang Dibatalkan karena Pandemik COVID-19 

Apex Legends Global Series menawarkan hadiah uang US$3 juta atau sekitar Rp42 miliar bagi mereka yang mampu meraih puncak dalam turnamen salah satu game battle-royale baru yang sangat populer. Sayangnya, karena virus corona, turnamennya resmi ditunda sampai situasi mulai membaik.

Meski mengecewakan, setidaknya pemunduran jadwal turnamen ini dapat memberikan pemain waktu berlatih yang lebih panjang untuk bisa membuktikan keterampilan mereka di atas arena online sampai tanggal baru untuk turnamen ditentukan.

3. Pound 2020 
7 Event Game Besar yang Dibatalkan karena Pandemik COVID-19 

Sementara Super Smash Bros selalu menjadi seri game fighting yang menyenangkan untuk dimainkan bersama teman, itu juga tumbuh menjadi game kompetitif di mana pemain tertarik menguji keterampilan mereka sendiri melawan pemain lain di skala yang lebih besar.

Pound 2020 merupakan turnamen Super Smash Bros Ultimate yang dijadwalkan berlangsung pada awal April kemarin, namun dibatalkan karena virus corona. Tidak ada kepastian bahwa turnamen ini akan diadakan di akhir tahun setelah pandemi mulai terkendali, namun satu yang pasti, penonton tidak akan melihat rage quit epik dalam waktu dekat.

4. TwitchCon Amsterdam 
7 Event Game Besar yang Dibatalkan karena Pandemik COVID-19 

Dengan physical distancing menjadi ‘new normal’ bagi banyak orang di seluruh dunia, platform streaming tidak akan pergi ke mana pun dalam waktu dekat. TwitchCon menjanjikan penggemar kesempatan untuk terhubung dengan streamer favorit mereka di dunia game.

5. Game Developers Conference 
7 Event Game Besar yang Dibatalkan karena Pandemik COVID-19 

Diadakan setiap tahun sejak tahun 1988, Game Developers Conference atau yang biasa disingkat GDC merupakan event yang menyatukan orang-orang jenius yang membuat video game menjadi mungkin.

Ini mengumpulkan banyak ‘pemain kunci’ dalam industri game untuk membahas beberapa masalah, tantangan dan solusi dalam dunia developing atau pengembangan video game. Awalnya dijadwalkan untuk berlangsung pada bulan Maret kemarin, virus corona memaksa GDC untuk ditunda hingga tanggal yang belum ditentukan di musim panas mendatang.

6. Pokemon Championship Series 
7 Event Game Besar yang Dibatalkan karena Pandemik COVID-19 

Terlepas dari banyaknya game Pokemon yang diciptakan setiap tahun, salah satu franchise terlaris ini terus tumbuh dan menarik generasi baru di setiap game barunya. Banyaknya turnamen dan event yang melengkapi perilisan game baru adalah bagian besar dari kenapa fanbase Pokemon bisa terus berkembang setiap tahunnya.

Sayangnya, perkembangan itu nampaknya harus terhenti sementara dengan virus corona menyebabkan dibatalkannya Pokemon Championship Series edisi tahun ini. Turnamen ini dikonfirmasi akan kembali pada tahun 2021 mendatang.

7. E3 2020 
7 Event Game Besar yang Dibatalkan karena Pandemik COVID-19 

Electronic Entertainment Expo atau yang bisa dikenal sebagai E3, merupakan salah satu event gaming modern terbesar sejak pertama kali diadakan pada tahun 1995. Dan dalam tiga tahun terakhir, E3 menjadi lebih dekat dengan para gamer di mana event yang berlangsung dibuka untuk umum.

Sayangnya, E3 edisi tahun ini dibatalkan sepenuhnya, dengan event berikutnya dijadwalkan untuk kembali pada Juni 2021. Itu artinya, gamer harus menunggu selama satu tahun lain untuk event terbesar dan paling dinanti-nantikan dalam industri gaming modern.

Demikian tadi informasi mengenai event game besar yang dibatalkan karena pandemi virus corona. Sementara event di atas dibatalkan secara penuh, masih ada beberapa event game besar seperti Gamescom dan Tokyo Game Show yang tetap berlangsung sesuai jadwal, namun dalam format online atau digital.